Jakarta (Antaranews Papua) - Paris Saint-Germain sukses menundukkan Liverpool 2-1 dalam laga kelima penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Kamis pagi WIB.

Laga lain, Napoli memupus asa Red Star Belgrade untuk melangkah ke babak 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan tamunya tersebut dengan skor 3-1 dalam laga penyisihan Grup C di Stadion San Paolo, Napoli, Italia, Kamis pagi WIB.

Kemenangan PSG tersebut memberpesar asa tim besutan Thomas Tuchel itu lolos ke babak 16 besar Liga Champions, lantaran kini mereka mengoleksi delapan poin dan duduk di peringkat kedua Grup C, demikian laman resmi UEFA.

Tentu saja, PSG membutuhkan raihan tiga poin penuh ketika melawat ke markas Red Star Belgrade pada laga pamungkas, 12 Desember nanti.

Di waktu bersamaan, Liverpool, yang kini duduk di urutan ketiga dengan raihan enam poin harus menang setidaknya dengan selisih dua gol atas Napoli (9) di laga pamungkas, di Anfield, jika ingin lolos.

Tim besutan Juergen Klopp tampil begitu buruk di babak pertama, dengan hanya memainkan bola di tengah lapangan, kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah.

Hal itu diperburuk dengan rapuhnya pertahanan mereka sendiri yang gagal membendung serangan cepat yang dilancarkan PSG.

Pada menit ke-13, PSG unggul berkat gol Juan Bernat, yang merebut bola liar di tengah kebingungan koordinasi pertahanan antara Dejan Lovren dan Joe Gomez.

Berawal dari akselerasi Kylian Mbappe di sisi kiri, bintang muda Prancis itu melepaskan umpan silang yang berhasil dihalau Virgil van Dijk, namun bola liar dibiarkan oleh Lovren dan Gomez di dalam kotak penalti, di mana Bernat berlari memanfaatkan keadaan dan melepaskan tembakan demi menaklukkan kiper Alisson.

Di tengah upaya Liverpool mencetak gol balasan, PSG melakukan sebuah serangan balik cepat yang memperlihatkan lagi-lagi Mbappe melepaskan umpan silang.

Edinson Cavani berhasil menyambutnya namun bola dihalau Alisson, dan lagi-lagi pertahanan Liverpool gagal mengawal bola liar di mana Neymar berdiri di tempat yang tepat untuk menyambarnya ke gawang yang sudah tak bertuan pada menit 37.

Liverpool memperoleh hadiah tendangan penalti di pengujung babak pertama setelah Sadio Mane dijatuhkan Angel Di Maria di dalam area terlarang, dan James Milner dengan tenang mengecoh kiper gaek Gianluigi Buffon untuk memperkecil jarak ketertinggalan menjadi 1-2 lewat titik putih.

Di awal babak kedua, PSG sempat kembali menyarangkan bola ke gawang Liverpool, namun Marquinhos terlebih dulu berada dalam posisi offside ketika menyambut tendangan bebas Di Maria.

Sejak itu, PSG lebih memilih mempertebal barisan pertahanan mereka sembari sesekali mengancam gawang Liverpool, termasuk pada menit 70 ketika Marquinhos memaksa Alisson melakukan penyelamatan gemilang dalam situasi sepak pojok.

Sebaliknya, Liverpool tetap kesulitan membongkar pertahanan kokoh tuan rumah yang berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1 atas tamunya.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Paris Saint-Germain (3-4-2-1): Gianluigi Buffon; Marquinhos, Thiago Silva, Presnel Kimpembe; Thilo Kehrer, Marco Verratti, Angel Di Maria (Dani Alves), Juan Bernat; Kylian Mbappe (Adrien Rabiot), Neymar; Edinson Cavani (Eric Maxim Choupo-Moting)
Pelatih: Thomas Tuchel

Liverpool (4-3-3): Alisson; Joe Gomez, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; James Milner (Xherdan Shaqiri), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Naby Keita); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Daniel Sturridge), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp.

Laga lain, Napoli Napoli memperbesar peluang mereka sendiri untuk melaju ke fase gugur, mengingat tim besutan Carlo Ancelotti itu kini memimpin Grup C dengan koleksi sembilan poin, demikian laman resmi Liga Champions.

Napoli kini hanya membutuhkan hasil imbang ketika bertandang ke markas Liverpool (6) di laga pamungkas pada 12 Desember mendatang untuk memperoleh tiket ke babak 16 besar.

Sebaliknya, Red Star (4) kini harus menang saat menjamu Paris Saint-Germain (8) jika ingin memperbesar peluang mereka lolos ke babak 32 besar Liga Europa.

Bahkan, Napoli juga masih bisa lolos dengan syarat tidak kalah dengan selisih dua gol atau lebih dari Liverpool.

Dries Mertens mencetak dwigol untuk melengkapi gol pembuka dari Marek Hamsik, sementara satu-satunya gol balasan Red Star disarangkan oleh El Ben Nabouhane.
   
Setelah kiper Milan Borjan melakukan penyelamatan gemilang atas percobaan tembakan Mertens pada menit keenam, Napoli berhasil membuka keunggulan lewat kaptennya, Hamsik, lima menit berselang ketika ia dengan cerdik menerobos ke dalam kotak penalti untuk menyelesaikan umpan kiriman Nikola Maksimovic.

Napoli menggandakan keunggulan pada menit ke-33 lewat Mertens yang mendapatkan keuntungan memperoleh bola liar hasil umpan silang Marco Rui yang membentur bek Red Star Milos Degenek.

Keunggulan dua gol diperbesar hanya tujuh menit memasuki babak kedua, ketika Mertens mencetak gol keduanya di laga tersebut dengan menyeruak ke dalam kotak penalti untuk menerima umpan terobosan Hamsik dan mengendalikannya sejenak dari upaya jegalan bek lawan sebelum melepaskan sepakan keras yang tak terbendung Borjan.
    
Lima menit kemudian, Red Star memperkecil ketertinggalan lewat Ben Nabouhane yang memanfaatkan umapn terobosan dari Marko Marin.

Derasnya dukungan para suporter Red Star membuat pemain berjuang keras, kendati upaya mereka yang memperoleh peluang lewat pemain pengganti Lorenzo Ebelicio masih bisa dimentahkan kiper David Opsina pada menit 85.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Napoli (4-4-2): David Ospina; Nikola Maksimovic, Raul Albiol (Elseid Hysaj), Kalidou Koulibaly, Mario Rui; Jose Callejon (Marko Rog), Allan, Marek Hamsik, Fabian Ruiz; Dries Mertens, Leorenzo Insigne (Piotr Zielinski)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Red Star Belgrade (4-2-3-1): Milan Borjan; Veljko Simic (Lorenzo Ebecilio), Srdan Babic, Milos Degenek, Milan Rodic; Marko Gobeljic, Nenad Krsticic; El Ben Nanouhane, Marko Marin, Slavoljub Srnic (Dusan Jovancic); Nikola Sotojiljkovic (Dejan Jovelijc)
Pelatih: Vladan Milojevic.
   
Berikut hasil rangkaian pertandingan pekan kelima  Grup C Liga Champions seturut laman resmi UEFA (tuan rumah disebut pertama):

Napoli 3 - Red Star Belgrade 1 (Marek Hamsik 11', Dries Mertens 33', 52'; El Ben Nabouhane 57') Baca juga: Napoli pupus asa Red Star ke 16 besar
Paris Saint-Germain 2 - Liverpool 1 (Juan Bernat 13', Neymar 37; James Milner p-45+1') Baca juga: PSG tundukkan Liverpool 2-1, perbesar asa lolos ke 16 besar

Klasemen Grup C            
Tim M M I K Gol P
1 Napoli 5 2 3 0 7-4 9
2 Paris Saint- Germain 5 2 2 1 13-8 8
3 Liverpool 5 2 0 3 8-7 6
4 Red Star Belgrade 5 1 1 3       4-13    4

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024