Jayapura (Antaranews Papua) - PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) melakukan uji coba mesin pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Holtekamp di Kota Jayapura, Papua,

"Sebagai dampak dari uji coba tersebut, beberapa wilayah di sekitarnya mengalami pemadaman bergilir sejak Senin (3/12)," kata Juru Bicara PT PLN WP2B Septian Pujianto kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Ia mengatakan pada saat uji coba mesin PLTMG tersebut, terdapat sedikit kendala sehingga menyebabkan salah satu unitnya tidak dapat menghasilkan listrik sebagaimana mestinya.

"Namun kini, semua sudah diperbaiki dan sistem kelistrikan di Jayapura sudah kembali aman dan normal, yang tadinya sempat defisit lima megawatt," katanya.

Menurut Septian, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut sehingga pelanggan PLN yakni masyarakat di Jayapura dan sekitarnya harus mengalami pemadaman listrik selama beberapa jam.

"Ini juga merupakan salah satu upaya yang sedang dilakukan PLN agar memasuki Desember 2018 ini, tidak ada pemadaman yang dapat mengganggu kegiatan Natal masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Semuel salah seorang warga Sentani mengatakan di wilayah Doyo Baru dan sekitarnya sejak Senin (3/12) terjadi pemadaman listrik yang berlangsung kurang lebih empat jam dalam sehari.

"Dari Senin (3/12) listrik padam dari sejak pukul 14.00-16.00 WIT, lalu padam lagi hari ini (4/12) sejak pukul 17.00-21.00 WIT," katanya.

Dia berharap ke depan selama Desember, tidak ada pemadaman listrik karena akan banyak ibadah Natal dan sebagainya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024