Medan (Antaranews Papua) - Prajurit TNI dari Koramil 23/Beringin, Kodim 0204/Deli Serdang mengawal kedatangan jenazah korban kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang tiba dari Jakarta, di Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (8/12).

Kapendam I Bukit Barisan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga menjelaskan jenazah itu atas nama Jefri Simare-mare (26), warga Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

Menurut dia, jenazah korban KKB itu, diangkut dengan menggunakan pesawat Citylink QG 10, dan tiba di Bandara Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, sekitR pukul 07.55 WIB.

"Setelah melewati proses administrasi Bandara Kuala Namu, jenazah Jefri langsung diberangkatkan dengan ambulanS menuju kampung halamannya di Desa Sei Belutu, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai)," ujar Kolonel Inf Roy.

Ia mengatakan proses penjemputan dan pengantaran jenazah korban KKB dI Papua ini menuju kampung halamannnya dikawal oleh Danramil 23/Beringin Mayor Inf Makmur Siahaan bersama sejumlah Babinsa.

"Jenazah Jefri yang diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara Kuala Namu, turut didampingi oleh Waldispen, Sirait, Aipda Selamat Tanjung dari Polres Timika, staf PT Istaka Karya, Idris, dan staf Kementerian BUMN Jakarta, Anindita," ujar Kapendam I/BB itu.

Aparat TNI bersama Polri hingga kini masih mencari lima karyawan PT Istaka Karya yang belum diketahui nasibnya, pascapenyerangan oleh KKB di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Minggu (2/12).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Kamal kepada Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan, pencarian masih dilakukan karena hingga kini belum diketahui keberadaan kelima karyawan PT Istaka tersebut.

Lima karyawan yang belum diketahui nasibnya, yaitu M. Ali Akbar, Petrus Ramli, Hardi Ali, Simon Tandi dan Riki Simanjuntak.  

"Mudah-mudahan kelima karyawan dapat ditemukan dalam keadaan selamat," ujar Kamal.

Sebanyak 16 jenazah korban pembunuhan (KKB) di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, 2 Desember lalu, diberangkatkan dari Timika, Kabupaten Mimika, ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk selanjutnya diantar ke kampung halamannya masing-masing.

Para korban tersebut diberangkatkan dari Timika ke Makassar menggunakan pesawat Herkules milik TNI AU, Jumat pukul 15.00 WIT.

Berikut nama-nama korban tewas yang semuanya laki-laki, diberangkatkan ke Makassar yakni:

1. Agustinus T (karyawan PT Istaka Karya)
2. Jepry Simaremare (karyawan PT Istaka Karya)
3. Carly Zatrino(karyawan PT Istaka Karya)
4. Alpianus, M (karyawan PT Istaka Karya)
5. Muh. Agus (karyawan PT Istaka Karya)
6. Fais Syahputra (karyawan PT Istaka Karya)
7. Yousafat (karyawan PT Istaka Karya)
8. Aris Usi (karyawan PT Istaka Karya)
9. Yusran (karyawan PT Istaka Karya)
10. Dino Kondo (karyawan PT Istaka Karya)
11. Markus Allo (karyawan PT Istaka Karya)
12. Efrandy Hutagaol (staf BBPJN Wilayah Papua)
13. Samuel Pakiding (karyawan PT Istaka Karya)
14. Anugrah Tolu (karyawan PT Istaka Karya)
15. Emanuel Beli Naikteas (karyawan PT Istaka Karya)
16. Daniel Karre (karyawan PT Istaka Karya

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024