Asmat (Antaranews Papua) – Bupati Asmat Elisa Kambu menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Asmat, Provinsi Papua tahun anggaran 2019 di gedung Wiyata Mandala Agats, pada Selasa (18/12).

Acara penyerahan DPA dihadiri Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces, para kepala OPD dan staf, dan para tokoh.

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan penyerahan DPA kepada OPD itu merupakan tahap awal dalam memulai pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan pada tahun anggaran 2019.

“Saya berharap agar OPD lebih optimal dalam melaksanakan program di 2019 sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” kata Elisa.

Dikatakan, 2019 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD 2016-2021. Di tahun yang didapuk sebagai tahun percepatan pembangunan Kabupaten Asmat itu, pemerintah setempat tetap memprioritaskan sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur.

“Kita fokus pada peningkatan kualitas serta kuantitas pendidikan dan kesehatan, pembangunan jalan beton, bandara, rumah sakit, Puskesmas, rumah layak huni, pemenuhan air bersih, listrik, transportasi antar wilayah, pertanian dan sebagainya,” kata Elisa.

Ia mengharapkan pada 2019 mendatang seluruh elemen dan mitra kerja dapat meningkatkan sinergitas dengan pemerintah setempat dalam upaya mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk seluruh OPD, kegiatan 2019 harus harus dilaksanakan sesuai dengan rencana kerja atau program. Selain itu harus melakukan persiapan lelang lebih awal, supaya kegiatan bisa terserap 100 persen,” ujarnya.

Elisa mengingatkan pimpinan OPD yang belum melengkapi administrasi dan laporan pertanggungjawaban (LPj) pelaksanaan program tahun anggaran 2018, agar segera dilengkapi.

“Laporan pelaksanaan APBD 2018 batasnya pada 10 Januari dan laporan keuangan OPD 2018 paling lambat dimasukkan pada 28 Januari 2019. Setelah itu pada Februari, tim audit LKPD akan melakukan pemeriksaan anggaran belanja daerah tahun 2018,” ujarnya.

Selain menerima DPA 2019, pimpinan OPD di lingkup Pemkab Asmat juga menandatangani pakta integritas kontrak kinerja tahun 2019. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024