Timika (ANTARA News Papua) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua, menganggarkan sebanyak Rp160 miliar untuk pembangunan lanjutan terminal penumpang Bandara Mosez Kilangin Timika.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Mimika, Yan Slamet Perba, Selasa, mengatakan anggaran yang bersumber dari APBD Induk Mimika tahun 2019 tersebut bertujuan untuk merampungkan pembangunan fisik yang ditargetkan rampung 2019.

Menurut dia, Bupati Mimika memiliki keinginan dan komitmen penuh untuk dapat merampungkan pekerjaan terminal sehingga dapat digunakan tahun 2020 nanti.

"Yang sifatnya pengadaan misalnya untuk interior di dalam terminal pengadaanya tahun 2020," ujarnya.

Selain anggaran yang bersumber dari APBD Mimika, Pemprov Papua juga pada 2019 mengucurkan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk penambahan lapangan parkir.

Sedangkan bantuan anggaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebesar Rp40-an miliar tahun 2018 lalu telah digunakan untuk pembangunan apron sepanjang 100 meter persegi sehingga panjang apron Bandara Mozes Kilangin 540 meter.

"Kami optimis pekerjaan fisik terminal penumpang seluas 21 ribu meter persegi berkonstruksi dua setengah lantai itu dapat dioperasikan pada 2020 menyambut perhelatan PON di Provinsi Papua," ujar Yan.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024