Jayapura (ANTARA News Papua) - Pihak Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua mengungkapkan bahwa pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Kabupaten Merauke, Papua, terkendala permasalahan lahan.

Kepala BPKLN Papua Suzana Wanggai kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan dari 10 hektare lahan yang dibutuhkan baru empat hektare yang sudah dibebaskan.

"Memang betul dari laporan yang diterima enam hektare lahan belum dibebaskan, namun sudah dianggarkan melalui APBN sehingga tidak ada masalah," ujarnya.

Ia mengatakan PLBN Sota yang dibangun itu nantinya dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti pasar dan pos pengamanan perbatasan (pamtas) dan pos polisi, serta akan menggunakan ornamen Animha atau khas kawasan selatan Papua.

"Pembangunan PLBN itu  dijadwalkan selesai paling lama November mendatang," kata Susi, panggilan akrab Suzana Wangai.

Dia menambahkan, dengan dibangunnya PLBN Sota maka di Papua nantinya terdapat dua PLBN karena sebelumnya sudah dibangun di Skouw.

Tercatat lima kabupaten di Papua yang berbatasan langsung dengan PNG yakni Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Merauke, Boven Digul dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024