Jayapura (ANTARA News Papua) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deiyai mewacanakan pembangunan wisata "Jalan Injil" guna mengenang injil pertama kali masuk di wilayah Meepago dalam program 100 hari kepemimpinan bupati yang baru.

Bupati Deiyai Ateng Edowai, di Jayapura, Senin, mengatakan selain rencana membangun "Jalan Injil", di wilayahnya juga terdapat dua gunung dan Sungai Tigi yang bisa menjadi destinasi wisata daerah tersebut.

"Untuk mendukung program wisata tersebut, kami juga akan fokus pada pembangunan di bidang infrastruktur jalan yang menghubungkan Kabupaten Deiyai dan Mimika," katanya.

Menurut Ateng, pihaknya juga meminta dukungan pemerintah provinsi (pemprov) agar jalan segera diselesaikan pembangunannya.

"Jalan Deiyai-Nabire cukup jauh dan terbelakang, sedangkan Deiyai-Mimika lebih dekat, sehingga bisa meningkatkan perekonomian, harga jual sayur mayur bisa lebih murah serta dapat mendukung program wisata yang sedang diwacanakan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga akan fokus pada bidang keagamaan, pendidikan juga kesehatan, di mana 10 persen Dana Lokasi Umum (DAU) Kabupaten Deiyai akan dialokasikan hibah untuk pembangunan gedung ibadah dan rumah pastori serta pemberian insentif kepada pelayanan umat.

"Karena ini rasa terbebani karena injil masuk Deiyai dan doa murni dari masyarakat untuk saya sehingga harus dibalas jasa hamba Tuhan, sebab doa orang benar sangat besar kuasanya," katanya lagi.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupati Deiyai terpilih periode 2019-2024 Ateng Edowai-Hengky Pigai di Gedung Negara Dok V Jayapura pada Rabu (20/2).

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024