Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 841 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di berbagai perusahaan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Sandaun, Papua Nugini, dapat menggunakan hak pilihnya pada TPS Keliling yang disediakan penyelanggara pemilu 2019.

"Memang benar ratusan pemilih sudah melakukan pencoblosan, setelah panitia pemilihan luar negeri mendatangi tempat kerja mereka," kata Konsul RI di Vanimo, Abraham Lebelauw kepada ANTARA yang menghubungi dari Jayapura, Sabtu.

Dia mengatakan pencoblosan dilakukan sejak Senin (8/4) hingga Kamis (11/4) dengan mendatangi "camp-camp" tempat TKI bekerja.

Lokasi yang didatangi dan layani yaitu Serra, Jambo Trak, Border Internasional, Amanap 56 camp 5 dan camp 6, Maka Best camp, camp PT. Succes, PT. LAS, Bewani Forest Plantation Ltd dan camp Ocean Paradise Ltd.

Saat ini kotak suara berisi surat suara yang sudah dicoblos sudah dibawa ke Konsulat RI di Vanimo yang akan dibuka tanggal 17 April mendatang.

Selain melayani melalui TPS keliling, tercatat 123 orang akan melaksanakan pencoblosan di Konsulat RI di Vanimo, kata Abraham seraya menambahkan, pencoblosan akan dilaksanakan Minggu (14/4).

Pencoblosan yang dipusatkan di Konsulat RI di Vanimo akan diikuti WNI yang berada di sekitar Vanimo serta staf konsulat.

Walaupun sudah melakukan pencoblosan sejak Senin (8/4) dan terakhir Minggu (14/4), penghitungan tetap dilakukan serentak Rabu (17/4) mendatang, kata Abraham Lebelauw.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024