Jayapura (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) masih menjadi ancaman baik bagi anggota Polri maupun warga sipil.

“Karena itulah anggota yang bertugas dalam pengamanan pemilu diminta selalu waspada karena adanya kelompok bersenjata,” kata Kapolda Sormin kepada Antara di Jayapura, Senin.

Ia mengatakan walaupun ada kelompok bersenjata yang mengancam namun secara keseluruhan situasi kamtibmas di wilayah hukum Papua menjelang pemilu, Rabu, 17 April 2019, masih tetap aman.

"Keberadaan kelompok bersenjata itu susah dideteksi karena suka berpindah-pindah sehingga masyarakat dan anggota diminta waspada dan tidak lengah. Bila lengah maka akan menjadi sasaran empuk," ujarnya.

Ketika ditanya tentang kondisi di Nduga, mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu mengaku, hingga kini masih kondusif. Secara keseluruhan situasi kamtibmas di Nduga aman dan terkendali.

Untuk pengamanan pemilu Polda Papua mengerahkan 7.500 personil yang sebagian besar sudah disebar di 29 kabupaten dan kota.

"Selain itu, Polda Papua juga mendapat bantuan sebanyak 7.500 personil TNI dari Kodam XVII Cenderawasih," kata Kapolda Papua Irjen Pol Sormin.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024