Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua segera membentuk forum sekretaris daerah (sekda) se-Bumi Cenderawasih sebagai wadah untuk berhimpun dan mewujudkan kebersamaan serta solidaritas antarsesama anggotanya.

Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Selasa (16/4), mengatakan dengan dibentuknya forum ini diharapkan dapat saling membantu dan bersatu padu dalam penyelenggaraan pemerintahan di provinsi secara umum.

"Selain itu juga, di masing-masing wilayahnya secara khusus, sekaligus terhadap tugas membantu kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan," katanya.

Menurut Hery, pembentukan wadah yang juga akan menampung serta membahas agenda kepegawaian maupun netralitas ASN ini, sangat penting dan perlu segera diwujudkan, pasalnya, kini ada kesan antara pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota, tidak seiring sejalan.

"Untuk itu, melalui pembentukan forum ini saya yakin akan memberi banyak hal positif untuk menunjang seluruh agenda pembangunan, pelayanan pemerintahan serta kemasyarakatan di atas negeri ini," ujarnya.

Senada dengan Hery Dosinaen, Sekda Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiatif pemerintah provinsi yang mendorong pembentukan wadah sekretaris daerah se-Papua.

"Kami berharap pembentukan forum itu segera diwujudkan, mengingat banyaknya masalah yang terungkap dalam rapat kerja sekda tersebut," katanya.

Dia menambahkan sehingga jika di pusat ada Forsesdasi (Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia), pihaknya merasa di Papua pun layak dibentuk wadah tersebut, mengingat banyaknya masalah, maka perlu ada forum guna membicarakan dan mencari solusi penyelesaiannya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024