Biak (ANTARA) - Kalangan umat Kristen di Kabupaten Biak Numfor, Papua mengelar perayaan ibadah Paskah Jumat Agung untuk mengenang hari kesengsaraan dan kebangkitan Yesus Kristus dalam upaya menebus dosa manusia.

Pantauan di Biak, Jumat, pelaksanaan ibadah Paskah Jumat Agung di Biak Numfor mengangkat tema "Kebangkitan Kristus Memampukan Kita berdiri teguh untuk melayani semua" berjalan dengan aman, lancar dan kondusif di berbagai jemaat gereja setempat.

Di antara ibadah Paskah di lingkungan Badan Pekerja Klasis GKI Biak Selatan dilaksanakan di Gereja GKI KBS Abigael Yafdas, Gereja Eben Haizer, Gereja Elizabeth, Gereja GKI Marthen Luther, Gereja GKI Efata Wafnor, Gereja Ottow Geisseler serta beberapa denominasi gereja lainnya.

Selain mengelar ibadah Paskah Jumat Agung berbagai jemaat gereja GKI Biak Selatan juga melaksanakan rangkaian acara pembaptisan kudus untuk warga jemaat gereja setempat.

Salah satu tempat pelaksanaan ibadah Paskah Jumat Agung berlangsung di Gereja GKI Ottow & Geisseler Sumberker Distrik Samofa dipimpin majelis jemaat Gereja Pendeta M.Berhitu S.Th.

"Perayaan Paskah bisa disebut sebagai tindakan Allah yang mengasihi manusia yang sudah jatuh di dalam dosa, dengan mengorbankan anak-Nya yang tunggal yaitu Yesus Kristus," ujar Pendeta M.Berhitu S.Th pada ibadah Paskah.

Di hadapan seratusan jemaat, ia mengatakan ibadah Paskah juga berbicara tentang kebangkitan Kristus Kristus yang mana dengan kebangkitan-nya, Ia menyatakan kuasa-Nya.

"Memahami makna Paskah mengenai kuasa kebangkitan Yesus Kristus dan ia percaya, maka kehidupannya akan berbeda. Orang berdosa yang diselamatkan karena percaya akan memiliki rasa takut akan Tuhan dan keyakinan penuh bahwa Kristus tinggal di dalam dia," ujarnya.

Sementara itu, Persekutuan Kaum Bapak GKI Biak, Agustinus Rumsaro menyebut peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dapat mematahkan kuasa maut serta maut tidak berkuasa lagi atas Dia.

"Yesus Kristus menjamin kebangkitan orang-orang yang percaya kepada-Nya sehingga momentum ibadah paskah menjadi pelajaran yang sangat religius bagi umat Kristen," lanjutnya.

Pada perayaan Paskah di berbagai jemaat Kristen Biak Numfor sejak 17 April 2019 ditandai dengan kegiatan rohani camping kemah Paskah bertempat di halaman gereja setempat yang melibatkan persekutuan anak dan remaja serta murid sekolah minggu.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024