Timika (ANTARA) - Kepolisian Daerah Papua telah memberikan persetujuan untuk pembentukan Kepolisian Sektor (Polsek) Kwamki Narama, sebuah wilayah di Kabupaten Mimika yang selama ini dikenal rawan konflik kekerasan antarkelompok masyarakat (perang suku).

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto di Timika, Senin, mengatakan pembentukan Polsek Kwamki Narama akan segera direalisasikan tahun ini setelah mendapat persetujuan dari Polda Papua.

"Sudah ada persetujuan dari Polda untuk pembentukan Polsek di Kwamki Narama," ucap AKBP Agung.

Menurut Kapolres, pembentukan Polsek Kwamki Narama sudah diusulkan oleh Polres Mimika sejak beberapa tahun lalu, mengingat tingginya intensitas konflik antarkelompok masyarakat suku-suku pegunungan tengah Papua di wilayah itu.

Sejak beberapa tahun lalu, katanya, Polres Mimika telah mengaktifkan Kepolisian Sub-Sektor Kwamki Narama.

Meski jarak lokasi Kwamki Narama cukup dekat dari Polsek Mimika Baru, namun peningkatan status Polsubsektor Kwamki Narama menjadi Polsek dipandang mendesak agar masyarakat di wilayah itu lebih tertib hukum dan tidak terus-terusan terkonsentrasi dalam konflik melainkan memfokuskan diri pada upaya membangun kehidupan perekonomian mereka.

Kapolres mengatakan pembentukan sebuah Polsek mempertimbangkan berbagai sisi, di antaranya kesiapan personel untuk melaksanakan fungsi Shabara, fungsi Reserse dan Kriminal, fungsi Binmas, fungsi Intelkam serta juga mempertimbangkan aspek kesiapan sarana dan prasarana pendukung.

Lantaran pertimbangan tersebut, katanya, belum semua distrik (kecamatan) di Mimika sudah dilengkapi dengan Polsek sebagai bagian integral dari Tripidis.

"Setiap distrik itu seharusnya dilengkapi dengan Polsek, tapi karena keterbatasan personel dan juga sarana prasarana serta anggaran belum memadai sehingga dari 18 distrik di Mimika baru terdapat 11 distrik yang dilengkapi dengan Polsek," ujar AKBP Agung.

Sejumlah Polsek di wilayah pedalaman dan pesisir Mimika membawahi dua hingga tiga distrik seperti Polsek Potowayburu yang membawahi Distrik Mimika Barat Jauh, dan Mimika Barat Tengah, Polsek Kokonao yang membawahi Distrik Amar, Mimika Barat dan Mimika Tengah, Polsek Mimika Timur membawahi wilayah Distrik Mimika Timur hingga Mimika Timur Jauh serta Polsek Jila yang membawahi wilayah Distrik Jila, Alama dan Hoeya.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024