Jayapura (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Papua Jayapura menyosialisasikan manfaat layanan tambahan berupa program perumahan bagi para pesertanya sehingga dapat menikmati kemudahan untuk memiliki rumah yang sehat, layak dan terjangkau.

Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Papua Jayapura Nasrullah Umar, di Jayapura, Rabu (22/5), mengatakan selama hidup bisa merasakan manfaat tambahan dan layanan perumahan, di mana dengan memanfaatkan hal ini, angsurannya bisa jauh lebih kecil.

"Jika melihat bunga perbankan yang mana bisa sampai di angka 13 persen, sementara dengan menggunakan BPJS Ketenagakerjaan hanya sembilan persen. Jadi setiap tahun itu bunganya empat persen, sehingga kami lebih rendah dibandingkan lainnya," katanya yang juga Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Jayapura.

Menurut Nasrullah, sosialisasi ini rutin dilakukan setiap tahun, dan kali ini mengambil tema yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi BPJS-TKU, prosedur kecelakaan kerja dan juga ada manfaat layanan tambahan yakni program perumahan BPJS Ketenagakerjaan.

"Selain itu, manfaat layanan tambahan ini dapat dinikmati pula dalam bentuk layanan digital yakni aplikasi BPJS-TKU," ujarnya.

Dia menjelaskan informasi ini masih sangat minim, khususnya peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kota Jayapura, sehingga jika terjadi sesuatu, tidak perlu bingung dan bisa langsung mengetahui manfaatnya melalui aplikasi BPJS-TKU.

"Untuk aplikasi tersebut, para tenaga kerja wajib mendownload, karena dapat melihat langsung, berapa saldonya, dan pembayarannya seperti apa, bahkan juga bisa melihat sendiri berapa upah yang disampaikan perusahaan kepada BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Dia menambahkan dengan sistem tersebut, maka tercipta keterbukaan dan tidak ada rahasia di mana pekerja dapat melihat upah yang dilaporkan dari perusahaan, dan mencetak saldo, bahkan dapat melaporkan, jika upahnya tidak sesuai.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024