Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Papua Max Olua meminta distributor berbagai barang kebutuhan masyarakat tidak menaikkan harga guna meraih keuntungan sebesar-besarnya menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H.

"Memang kami sudah memperkirakan ada beberapa barang kebutuhan yang akan mengalami kenaikan akibat jumlahnya terbatas sementara permintaan meningkat," kata Olua dalam keterangannya seusai mengikuti kunjungan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) ke sejumlah kawasan seperti Depot Pertamina, Gudang Bulog dan pasar di Jayapura, Rabu.

Olua mengatakan selain menekan distributor pihaknya juga mengharapkan agar masyarakat tidak perlu menumpuk berbagai bahan makanan karena saat ini persediaannya mencukupi.

Adapun komoditi yang diperkirakan mengalami kenaikan yaitu aneka jenis cabe seperti cabe rawit dan cabe besar.

“Kami berharap walaupun terjadi kenaikan namun tidak signifikan sehingga masyarakat tetap dapat membelinya, karena yang mengalami kenaikan adalah barang-barang yang memang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya menjelang lebaran,” katanya.

Mantan Ketua KNPI Papua juga mengatakan, dari laporan yang diterima terungkap harga cabe rawit saat ini mencapai sekitar Rp 100 ribu/kg, cabe besar Rp 75 ribu/kg, bawang merah Rp 75 ribu/kg dan bawang putih Rp 50 ribu/kg.

Sedangkan harga daging sapi masih normal yakni Rp 145.000/kg dan ayam potong lokal berkisar Rp 40 ribu hingga Rp 75 ribu/ekor, telur Rp 200/butir.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024