Jayapura (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengingatkan nelayan dan nakhoda kapal mewaspadai angin kencang yang berlaku sejak Kamis (20/6) selama 24 jam mulai pukul 09.00 WIT.

"Waspada potensi angin kencang 15 hingga 25 knot terjadi di perairan Papua Barat dan Papua, untuk itu nelayan dan nakhoda kapal diharapkan berhati-hati terhadap angin kencang," kata Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, Kamis.

Pihaknya berharap nelayan, nakhoda kapal Tongkang, Kapal Ferry dan kapal berukuran besar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Untuk perahu nelayan diharapkan mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter," ujarnya.

Selanjutnya, tambahnya, untuk nakhoda kapal-kapal tongkang diharapkan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1,5 meter.

Nakhoda kapal ferry juga diharapkan memperhatikan kecepatan angin 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

"Sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar diharapkan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang diatas 4,0 meter," katanya.

Petrus juga memohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai lalu sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024