Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas pengamaman perbatasan RI-PNG dari Yonif 126/KC menggelar patroli patok dan pengobatan kepada warga di Dusun Mamlo, Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

"Untuk menjaga dan menjamin keamanan di perbatasan, Satgas Yonif 126/KC melaksanakan Patroli ke Patok perbatasan RI-PNG di patok MM.4.2 dipimpin Danpos Yabanda Letda Inf Degon Sipahutar beserta 20 orang personel," kata Dansatgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Jumat.

Menurut dia patroli patok tersebut menempuh jarak 17 Km dari Pos Yabanda ke patok MM.4.2 dengan medan yang berat melalui jalan setapak, sungai, rawa dan hutan namun tidak menjadi penghalang para anggota satgas untuk melaksanakan patroli dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Selama 6 jam perjalanan akhirnya prajurit Satgas Yonif 126/KC berhasil menemukan Patok MM.4.2. dalam kondisi baik dan tidak bergeser karena sesuai dengan koordinatnya di peta," katanya.

Setelah selesai melaksanakan patroli patok, kata dia, prajurit Satgas Yonif Pamtas 126/KC melaksanakan pengobatan gratis kepada warga Dusun Mamlo yang merupakan dusun yang paling dekat dengan batas negara RI-PNG yang memiliki warga 30 orang.

"Berdasarkan laporan dilapangan, patok batas yang menjadi tanggung jawab pengamanan di jajaran satgas Yonif 126/KC seluruhnya sudah kita cek dalam kondisi baik dan sesuai dengan koordinatnya," katanya.

"Untuk membantu masyarakat yang tinggal dekat batas RI-PNG, pada saat personel satgas melaksanakan patroli patok, kami juga singgah ke salah satu dusun yang berdekatan dengan perbatasan untuk melaksanakan pengobatan dan memberikan bantuan sembako kepada warga karena mereka sangat membutuhkan," katanya lagi.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024