Asmat (ANTARA) - Sekretariat Bersama Bangga Papua Kabupaten Asmat, Provinsi Papua menyiapkan pembayaran tahap pertama program Bangun Generasi dan Keluarga Sejahtera Papua atau dikenal Bangga Papua di Kabupaten Asmat.

Untuk melaksanakan pembayaran tahap pertama tahun anggaran 2019, Sekber Bangga Asmat melaksanakan rapat koordinasi di Agats pada Kamis (4/7) yang dihadiri Asisten I Setda Yustus Kakom dan Ketua Sekber Hallason Frans Sinurat.

Dari rakor tersebut direncanakan penyaluran dana perlindungan sosial dilakukan pada Agustus mendatang. Sekber Asmat juga menambahkan empat lokasi baru pembayaran dana tersebut.

Ketua Sekber Bangga Papua Asmat Hallason Frans Sinurat mengatakan bahwa pada 2018 dana perlindungan sosial dari Pemprov Papua itu disalurkan di Distrik Agats, Atsy, Suator, Pantai Kasuari, Unirserau dan Fayit

“Dari hasil rakor, untuk 2019 ada penambahan empat lokasi yakni di Kampung Primapun Distrik Safan, Kampung Nakai Distrik Pulau Tiga, Kampung Tomor Distrik Suru-Suru dan Kampung Mabul Distrik Koroway,” kata Frans.

Ia menjelaskan penyaluran dana Bangga Papua di empat lokasi baru akan dilakukan secara ofline. Hal ini dikarenakan belum adanya kantor cabang Bank Papua di Distrik Safan, Pulau Tiga, Suru-Suru dan Koroway.

“Penambahan empat lokasi baru untuk mempercepat penyaluran dana Bangga Papua. Dengan begitu juga meringankan penerima manfaat. Mereka tidak perlu jauh-jauh dari kampung ke lokasi sebelumnya, tapi sudah kita siapkan di lokasi baru,” ujarnya.

Frans menambahkan sebelum penyaluran tahap pertama, pihaknya akan melakukan pendaftaran data baru, sosialisasi pra pembayaran di 23 distrik, input data, penetapan calon penerima manfaat melalui surat keputusan bupati dan menyerahkan surat keputusan tersebut ke Sekber Provinsi.

“Selanjutnya penetapan SK Gubernur tentang penerima manfaat, lalu transfer dari bank provinsi, tranning pembayaran, persiapan pembayaran dan launching pembayaran. Semoga agenda-agenda kerja ini berjalan dengan lancar dan baik,” katanya. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024