Biak (ANTARA) - Pelaksana harian Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor, Papua Friets G.Senandi menekankan pentingnya ketahanan keluarga yang harmonis sebagai benteng untuk kelanjutan pendidikan masa depan anak dalam mewujudkan cita-cita generasi muda Papua.

"Ketahanan keluarga akan mewujudkan generasi penerus yang berkualitas. Karena itu peran orang tua penting untuk mempersiapkan pendidikan dan mental anak di masa depan. Untuk mewujudkan ketahanan keluarga yang kokoh," kata Asisten 1 Sekda Biak Friets G.Senandi seusai menjadi Irup perayaan hari keluarga Nasional XXVI (Harganas) di Kabupaten Biak Numfor, Senin (8/7).

Ia mengatakan tujuan dari peringatan Hari Keluarga Nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya norma keluarga kecil, bahagia dan sejahtera (NKKBS) dalam kerangka ketahanan keluarga.

Melalui peringatan Harganas, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan delapan fungsi keluarga antara lain agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial dan budaya serta lingkungan.

"Harganas juga mewujudkan penerapan empat pendekatan ketahanan keluarga dengan Keluarga Berkumpul, Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya serta Keluarga Peduli dan Berbagi," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak Laurens Pattipelohi mengatakan, peringatan Hari Keluarga Nasional ke-26 di Kabupaten Biak Numfor dirayakan dengan sederhana dengan menggelar apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Harganas 2019 dengan mengambil tema "Hari Keluarga, Hari Kita Semua", dengan slogan "Cinta Keluarga, Cinta Terencana"," ungkap Laurens.

Berdasarkan data peringatan hari keluarga Nasional ke-26 tingkat kabupaten Biak Numfor diisi dengan kegiatan sosialisasi kampung Keluarga Berencana dan kesehatan reproduksi kepada masyarakat setempat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024