Biak (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Biak terlibat dalam pengenalan lingkungan sekolah (PLS) bagi 500 siswa baru SMA Negeri 1 di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, terutama dalam pembentukan karakter dan disiplin anak.

Komandan Pangkalan TNI AL Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran di Biak, Senin, mengakui keterlibatan lanal setempat dalam kegiatan itu karena ingin terlibat dalam pembentukan jati diri siswa yang sehat, cerdas, dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Saya sangat mendukung keterlibatan lanal dalam pelaksanaan PLS siswa baru di SMA Negeri 1 Biak, ini untuk pertama kali prajurit diberikan kesempatan ikut terlibat langsung dalam kegiatan sekolah," kata dia usai pembukaan PLS di SMA Negeri 1 Biak.

Ia mengatakan selama tiga hari PLS, siswa baru SMAN 1 Biak akan diberikan pelajaran, antara lain baris berbaris, pembinaan karakter dan disiplin, kepramukaan, manajemen organisasi siswa intra sekolah (OSIS), serta program pembinaan mental spiritual.

Budi berharap, para siswa baru mengikuti pelajaran dengan baik karena bermanfaat untuk meningkatkan disiplin, karakter, dan sikap positif selama proses belajar mengajar di sekolah itu.

Kepala SMAN 1 Biak Ruben Y. Faknik mengakui model PLS Tahun Pelajaran 2019/2020 di sekolah yang dipimpinnya itu dibuat berbeda dengan tahun lalu karena tahun ini melibatkan prajurit dari Lanal Biak sebagai narasumber pelatihan.

Ia berharap, PLS memberikan berbagai pengetahuan dan penanaman karakter kepada peserta didik baru untuk mendukung pendidikannya di SMA Negeri 1 Biak.

"Saya berterima kasih dengan Danlanal Biak karena sudah mau membantu SMA Negeri 1 menjadi narasumber pengenalan lingkungan sekolah bagi 500 siswa baru Tahun Pelajaran 2019/2020," kata dia.

Hari pertama PLS siswa Kelas X SMAN 1 Biak pada Tahun Pelajaran 2019/2020, Senin, diawali dengan upacara dan pengarahan yang diberikan Ruben Faknik dan Budi Darmawan Amran.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024