Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif PR 328/DGH melaksanakan karya bakti membersihkan wilayah sekitar Puskesmas di Kampung Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu (20/7) mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian personel yang bertugas di Pos Pitewi terhadap kebersihan lingkungan dalam mewujudkan Indonesia sehat di wilayah perbatasan.

"Melihat lingkungan Puskesmas Kampung Pitewi yang jarang dibersihkan dan tidak terawat, personel Satgas berinisiatif untuk mengajak seluruh pegawai melaksanakan bersih-bersih dan merapikan lingkungan puskesmas," katanya.

Puskesmas Pitewi, kata dia, merupakan satu-satunya fasilitas kesehatan yang ada di Kampung Pitewi dan untuk menjaga kebersihan serta merawat lingkungan sangat terbatas dengan tenaga yang ada.

"Karena Puskemas Pitewi ini sangat ramai pada hari-hari biasa melayani warga yang berobat, saat ada kesempatan lenggang Satgas mengajak pegawai untuk merawat dan membersihkan lingkungan Puskesmas," katanya menegaskan.

Kesehatan, lanjut dia, dimulai dari kebersihan lingkungan yang ada di sekitar, apalagi di tempat-tempat umum seperti Puskesmas Kampung Pitewi yang sering dikunjungi oleh warga untuk berobat, sehingga haruslah bersih dan terawat.

"Jika lingkungan bersih, maka aktivitas di lingkungan Puskesmas Pitewi akan lebih baik dan tentunya orang yang mau datang berobat punya motivasi untuk sehat," kata Erwin.

Kepala Puskesmas Pitewi Adrianus, S.Kep sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh prajurit TNI AD itu.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Satgas, semoga ini menjadi amal kebaikan dan dapat dijadikan contoh bagi pegawai kami untuk konsisten menjaga dan merawat lingkungan Puskesmas," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024