Jayapura (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri kembali menjadwalkan perekaman data KTP elektronik (e-KTP) di kawasan pegunungan di Papua.

"Memang benar Ditjen Dukcapil bersama Dukcapil Papua akan melaksanakan perekaman data e-KTP di sejumlah kabupaten di kawasan pegunungan," kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi kependudukan dan Pengelolaan Data Dinas Sosial Papua Iskandar Rachman  di Jayapura, Jumat.

Iskandar mengatakan tim dari Dirjen Dukcapil  diterjunkannya kembali, karena masih banyak daerah yang tingkat perekamannya data e-KTP di bawa 50 persen. Bahkan dari 29 kabupaten/kota di Papua hanya 13 kabupaten yang perekaman data e-KTP-nya di atas 50 persen, sehingga memang tim harus diterjunkan kembali ke kabupaten yang tingkat perekamannya masih rendah.

“Kami akan menjemput bola atau mendatangi masyarakat agar perekaman data e-KTP dapat berjalan sesuai target,” kata Iskandar.

Sebelum Pilpres, Dirjen Dukcapil  sudah melakukan perekaman, namun belum dapat menjangkau seluruh masyarakat.

13 kabupaten/kota yang yang tingkat perekaman e-KTP di atas 50 persen yaitu Kabupaten/Kota Jayapura, Merauke, Nabire, Biak Numfor, Mimika, Sarmi, Keerom, Waropen, Boven Digul, Asmat, Supiori, dan Kabupaten Yalimo.

"Jumlah penduduk di Papua tercatat sebanyak 4.283.376 jiwa, namun yang sudah melakukan perekaman tercatat 1.445.619 jiwa atau 43,35 persen," kata Iskandar.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024