Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 200 pelajar SD YKP Ebenhaeser, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura ikuti edukasi dan literasi finansial melalui program 'Digital Financial Literacy for Children' yang digelar oleh Citi Indonesia (Citibank) yang bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Director Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N Makki di sela-sela kegiatan mengutarakan perhatian besar dari Citibank terkait betapa pentingnya memiliki wawasan dan pemahaman keuangan yang baik dan berkelanjutan sesuai dengan tahapan usia dan perkembangan anak hingga dewasa.

"Untuk mencapai kesejahteraan finansial, setiap individu perlu memiliki pemahaman yang memadai mengenai uang, membuat keputusan finansial yang cermat, dan mengelola uang dengan bijak sedari dini," katanya di Kota Jayapura, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional, pihakya mengajak para murid atau pelajar di berbagai kota, termasuk di Kota Jayapura, Papua, untuk mulai belajar mengenai konsep dasar keuangan yang tepat dan bijak.

"Melalui sebuah pendekatan interaktif yang aman, komprehensif sekaligus menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya itu saja, kami juga mengajak orang tua dan guru untuk bersinergi membangun karakter dan budaya kelola uang pada anak, baik ketika di sekolah maupun guna diterapkan di rumah," katanya.

'Digital Financial Literacy for Children' merupakan program edukasi dan literasi finansial yang diinisiasi oleh Citibank dan Prestasi Junior Indonesia dengan menargetkan siswa SD kelas 3, 4 dan 5.

Menggunakan metode digital, yaitu melalui gawai, para pelajar diberikan pengetahuan mengenai pentingnya menabung, memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, mengenali bermacam metode pembayaran yang tersedia di masyarakat.

Serta pengetahuan mengenai kewirausahaan tingkat dasar dengan cara pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Terdapat tiga modul kegiatan yang dapat diikuti oleh para pelajar SD YPK Ebenhaezer yang sesuai dengan tingkatannya, antara lain pertama tentang Keluarga Kami, kedua tentang Daerah Kami dan ketiga tentang Kota Kami.

Kepala SD YPK Ebenhaezer Nela Johana Warwe S.Pd mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Citibank yang menggandeng PJI di sekolah tersebut.

"Edukasi dan literasi finansial ini sangat penting bagi anak-anak kami untuk pengembangan karakter sejak dini, agar berhemat dan pandai menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan ini sudah berjalan sejak Selasa (30/7) dan akan berakhir Kamis (1/8)," katanya.

Nela mengaku bahwa jumlah pelajar yang ada di sekolah yang dibangun sejak tahun 15 September 1962 itu sebanyak 402 dengan rombongan belajar sebanyak 12 kelas dengan 19 tenaga guru dan administrasi.

"PNS atau ASN hanya 5 guru, termasuk saya, sisanya tenaga honor yang kami bayar dengan Dana BOS. Tenaga guru disini kurang, makanya kami gunakan tenaga honor. Harapannya dengan kegiatan seperti ini paling tidak dapat membantu kami dalam menambah ilmu kepada anak-anak," kata Nela.

Kevin Tabuni, pelajar kelas III SD YPK Ebenhaeser yang ditemui mengaku bercita-cita menjadi pesepak bola itu mengaku bangga dan senang bisa dikenalkan dengan gawai, apalagi dijelaskan soal menabung dan lainnya oleh Citibank dan PJI.

"Senang sekali, bisa bermain gawai. Berwirausaha bagus juga dan saya suka menabung," kata Kevin disela-sela kegiatan.

Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner menyampaikan usia dini merupakan momentum yang tepat dalam mengenalkan tentang literasi finansial.

"Usia anak-anak merupakan momen tumbuh kembang yang di dalamnya penting untuk ditanamkan nilai-nilai dasar dalam banyak hal, termasuk finansial. Dalam program ini, anak-anak belajar bahwa orang tua mereka perlu untuk bekerja atau berwirausaha guna memperoleh pendapatan," katanya.

Sehingga, lanjut dia, diharapkan mereka perlu cermat dalam mengelola uang saku yang diberikan dengan menabungkan sebagiannya dan membelanjakan sisanya untuk hal-hal yang dibutuhkan.

Sejak tahun 2017, Program Digital Financial Literacy for Children telah menjangkau lebih dari 8.000 murid dari 31 sekolah dasar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Denpasar.

"Kami berharap kemitraan antara PJI dan Citibank ini dapat memberikan manfaat kepada lebih banyak anak Indonesia, termasuk di Jayapura, Papua, untuk memperoleh fondasi edukasi keuangan yang mumpuni demi kebaikan masa depan mereka," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024