Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG dari Yonif 126/KC membagikan seragam sekolah dan buku pelajaran kepada pelajar SD Inpres Yabanda di Kampung Yabanda, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Jumat (2/8), mengatakan salah satu tujuan program penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah-sekolah perbatasan adalah meningkatkan kepercayaan diri dan kecerdasan anak-anak sekolah.

"Dengan cara membagikan baju seragam sekolah dan buku-buku pelajaran pada Kamis (1/8) pagi. Pembagian baju seragam sekolah dan buku pelajaran ini ditujukan kepada anak-anak sekolah di wilayah penugasan kami yang belum mempunyai baju seragam sekolah," katanya.

Dia mengharapkan dengan pembagian seragam sekolah tersebut anak-anak di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menambah semangat untuk bersekolah.

Begitu juga dengan pembagian buku pelajaran, dia mengharapkan, anak-anak dapat menambah ilmu pengetahuannya.

Ia menegaskan pembagian seragam sekolah dan buku-buku pelajaran tersebut juga untuk meringankan beban masyarakat.

Selain itu, sebagai wujud keprihatinan pihaknya di wilayah perbatasan kepada pelajar yang belum mempunyai seragam dan buku-buku pelajaran untuk pergi ke sekolah.

"Kita membayangkan ketika memasuki tahun ajaran baru, besarnya biaya membeli baju seragam sekolah dan buku-buku pelajaran, dengan bantuan ini mudah-mudahan bisa meringankan beban orang tua murid," kata Mulyo

Pemberian 71 pakaian seragam dan buku-buku sekolah itu dilakukan olejh Komandan Kompi (Danki) Yonif 126/KC Kapten Inf Jendakami Sembiring yang mewakili Dansatgas Pamtas Yonif 126/KC. Anak-anak menyambut dengan gembira pembagian seragam dan buku-buku tersebut.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Jendakami Sembiring juga memakaikan baju kepada salah satu anak sekolah yang tentunya membuat hati anak-anak semakin gembira.

Samhot Nokoraja yang mewakili kepala sekolah tersebut menyampaikan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 126/KC atas kepeduliannya kepada pelajar di kampung tersebut.

"Semoga dengan bantuan ini membuat anak-anak semangat belajar dan dapat meningkatkan percaya diri anak," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024