Sorong (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut Republik Indonesia memberikan bantuan benih ikan kerapu yang merupakan bibit ikan unggulan berkomoditi ekspor bagi nelayan pesisir Pantai Klaligi, Kota Sorong.

Bantuan benih ikan kerapu tersebut diserahkan langsung oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan di kawasan keramba jaring apung nelayan pesisir Pantai Klaligi, Selasa (6/8).

Penyerahan bantuan benih ikan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, Dinas Perikanan Kabupaten Sorong, Dinas Perikanan Kabupaten Raja Ampat, UPTD Balai Benih Ikan Majaran Kabupaten Sorong, Universitas Muhammadiyah, dan Kepala Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong.

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan mengatakan salah satu tugas TNI Angkatan Laut pada masa damai menurut Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 pasal 9 adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Dia mengatakan, implementasi tugas tersebut, Dinas Pembinaan Potensi Maritim dengan sejumlah instansi terkait melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim atau binpotmar dan komunikasi sosial atau komsos berupa kegiatan pelatihan budidaya kelautan dan memberikan benih ikan.

Kegiatan ini, kata dia, bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat desa pesisir dalam usaha pembudidayaan ikan laut dengan menggunakan keramba jaring apung atau KJA yang tentunya memperhatikan kelayakan aspek ekonomis, teknologi dan manajemen budidaya ikan dengan pola kebersamaan.

Kegiatan ini juga guna membantu program pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan desa pesisir di wilayah Provinsi Papua Barat yang diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun karakter masyarakat dan budaya bangsa, yang sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu gotong royong dan tolong-menolong dalam membangun untuk kesejahteraan masyarakat," tambah dia.

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024