Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 38 orang putra asli Papua akhirnya terpilih lulus mengikuti tes tahap II tingkat pusat setelah sebelumnya mengikuti seleksi pada tahap I dalam sidang pemilihan calon bintara (Caba) PK TNI AD TA 2019 khusus pedalaman Sub Panda Jayapura dan Biak.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar Parluhutan Sianipar di Kota Jayapura, Minggu mengatakan tes tahap I itu sudah dilakukan pada Kamis pekan lalu di Aula Makorem 172/PWY Padang Bulan Abepura, Kota Jayapura.

"Seleksi ini sangat ketat yang diikuti oleh 108 orang putra daerah dari Sub Panda Jayapura dan Sub Panda Biak. Dimana para peserta calon prajurit TNI AD tersebut mengikuti serangkaian tes, diantaranya tes pemeriksaan adminitrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan jasmani (Postur,red), tes mental ideologi yang dimulai sejak 29 Juli 2019 hingga 15 Agustus 2019 di Makorem 172/PWY," katanya.

Binsar menegaskan pelaksanaan seleksi itu dilakukan secara ketat, transparan, obyektif dan tidak ada unsur KKN. 

"Dan hal ini sudah kita tegaskan kepada seluruh panitia penerimaan yang melakukan seleksi kepada calon peserta. Karena seleksi ini untuk menyaring calon prajurit TNI AD yang berkualitas baik dari segi mental, jasmani serta kesehatan yang harus memenuhi persyaratan sebagai prajurit TNI AD karena mereka inilah yang akan menjadi tulang punggung TNI AD di masa yang akan datang," katanya.

Pada sabtu (17/8), panitia penerimaan Caba PK TNI AD TA 2019 khusus pedalaman akhirnya mengumumkan 28 orang putra daerah dari Sub Panda Jayapura dan 10 orang putra daerah dari Sub Panda Biak dinyatakan lulus untuk mengikuti seleksi tahap II atau tingkat pusat yang akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2019 di Rindam XVII/Cenderawasih. 

Dari 108 orang putra daerah yang mengikuti seleksi, masih banyak ditemukan kendala dan kekurangan terhadap calon peserta yang tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi prajurit TNI AD, sehingga 38 orang dinyatakan layak dan lulus mengikuti seleksi tahap II tingkat pusat. 

"Kita sudah berusaha menyaring semaksimal mungkin, namun banyak dari mereka yang tidak memenuhi kriteria sesuai persyaratan dalam peraturan penerimaan prajurit TNI AD, dan kita pun memberikan motivasi kepada mereka untuk memperbaiki kekurangannya agar dapat mengikuti tes penerimaan berikutnya," ungkap Binsar.

38 orang calon peserta tersebut akan mengikuti seleksi tingkat pusat bersama seluruh para peserta calon yang telah mengikuti seleksi yang sama pada tahap I dimasing-masing Sub Panda wilayah Kodam XVII/Cenderawasih. 

"Apabila di nyatakan lulus pada seleksi tingkat pusat, maka calon peserta akan langsung mengikuti pendidikan Caba PK TNI AD TA 2019 khusus Pedalaman di Rindam XVII/Cenderawasih," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024