Jayapura (ANTARA) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti apel pagi bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, di Lapangan Kantor Walikota Entrop pada Senin sekitar pukul 07.30 WIT.

Apel pagi itu dipimpin oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano.

Abdul Fadhil peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMA Negeri 1 Sidrap di sela-sela apel tersebut mengaku sangat senang bisa bertemu langsung dengan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano.

"Apalagi berkesempatan dikalungi tanda peserta secara langsung oleh Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano, sungguh membanggakan," katanya.

Abdul merasa diberi kehormatan dapat ikut serta dalam apel pagi bersama jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

"Sejak tiba di Papua, salah satu hal yang paling ditunggu adalah bertemu secara langsung dengan Walikota Jayapura dan kini akhirnya terwujud," ujarnya.

Senada dengan Abdul, Isma Oktaviani Amir peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMA Negeri 9 Jeneponto mengatakan kesan yang diperoleh ketika bertemu dengan Walikota Jayapura adalah ramah.

Program SMN merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN). 

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN di mana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebaliknya peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. 

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019, di mana untuk peserta SMN dari Sulawesi Selatan berjumlah 27 orang.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024