Jayapura (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru menjamu peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) secara khusus di salah satu restoran terkenal di Kota Jayapura, Papua  pada Selasa (20/8) malam.

Rustan yang juga merupakan putra Sulsel itu menemani para siswa-sisiwi SMA sederajat itu makan malam, sambil memberi bimbingan dan arahan kepada generasi muda penerus bangsa itu.

Sri Wahyuni peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMA Negeri 3 Gowa mengakui jamuan tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena dapat bersama-sama dengan orang penting di Kota Jayapura.

"Tentunya saya juga berterima kasih kepada BUMN yang sudah mensponsori kami sehingga diberikan kesempatan untuk bisa menginjak Kota Jayapura khususnya," katanya.

Menurut Sri, tanpa adanya BUMN yang mensponsori program SMN tidak mungkin dirinya bisa bersama peserta SMN Sulsel lainnya dapat dikenal dan diberikan banyak kehormatan ketika berkunjung ke Provinsi Papua.

"Tanpa BUMN tersebut, kami bukan apa-apa dan tidak mungkin sebagai seorang pelajar dapat mengenal kebudayaan daerah khususnya di Provinsi Papua," ujarnya.

Program SMN merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN). 

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN di mana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebaliknya peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. 

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019, di mana untuk peserta SMN dari Sulawesi Selatan berjumlah 27 orang.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024