Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan fasilitas poliklinik dan gedung unit gawat darurat di Rumah Sakit Umum Daerah untuk pelayanan kesehatan dan pengobatan atlet PON XX Papua tahun 2020.

"Fasilitas peralatan dan tenaga dokter spesialis terus ditambah di RSUD Biak sehingga dapat menunjang pelayanan kesehatan bagi atlet PON Papua dan masyarakat umum lainnya," ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap di Biak, Sabtu.

Ia mengakui, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Biak menjadi tuntutan kebutuhan masyarakat saat ini.

Untuk menjawab kebutuhan menghadapi PON Papua, menurut Bupati Naap, melalui dukungan anggaran Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Papua pada tahun 2019 membangun gedung UGD dan poliklinik untuk RSUD Biak.

"Pemkab Biak Numfor menyiapkan infrastruktur kesehatan untuk menjamin pelayanan atlet PON Papua yang akan berobat di RSUD Biak," ujarnya.

Sementara itu, pelaksana tugas Direktur RSUD Biak dr R.Ricardo Mayor M.Kes mengatakan fasilitas infrastruktur PON Papua 2020 sektor kesehatan sudah dibangun yakni poliklinik berbasis digital dan UGD baru.

"Gedung poliklinik dan UGD RSUD Biak yang dibangun dengan waktu kerja 150 hari nb kontrak pekerjaan diharapkan dapat selesai pada pertengahan Desember 2019," ujar dr Ricardo.

Ia mengakui, pada fasilitas kesehatan RSUD Biak untuk pelayanan kesehatan PON Papua 2020 juga telah disiapkan kamar VIP untuk atlet PON yang menjalani rawat inap.

Ricardo berharap pelayanan kesehatan untuk PON Papua di RSUD Biak akan lebih berkualitas dengan standarisasi poliklinik dan UGD,alat kesehatan serta tenaga dokter spesialis.

Berdasarkan data, untuk fasilitas kamar rawat inap RSUD Biak Numfor mencapai 290 kamar dengan klasifikasi kelas VIP, kelas 1, 2 dan 3.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024