Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan akan menelusuri penyebab kepulangan ribuan mahasiswa asal Papua, dan belum bisa memastikan penyebab kepulangan ribuan mahasiswa sehingga dalam waktu dekat akan memanggil ketua-ketua mahasiswa Papua tersebut.

"Kami akan melakukan pertemuan dengan Kapolri guna meminta jaminan keamanan bagi mahasiswa Papua yang sedang menuntut ilmu di berbagai kota di Indonesia, " kata Gubernur Papua seusai menghadiri pertemuan membahas pemulangan mahasiswa Papua di Jayapura, Rabu.

Pertemuan yang dihadiri forkopimda itu difasilitasi Kapolda Papua juga diikuti para pejabat dari perguruan tinggi di Jayapura.

Gubernur Enembe mengakui Pemprov Papua akan membantu mahasiswa yang ingin kembali dan melanjutkan pendidikannya mengingat bulan depan sudah mulai ujian tengah semester.

Tercatat sekitar 13.552 mahasiswa asal Papua yang kuliah di berbagai perguruan tinggi dan dari jumlah tersebut sebanyak 1.037 mahasiswa diantaranya memilih pulang kampung.

"Mahasiswa yang kuliah di luar Papua itu ada yang penerima beasiswa melalui ADIK hingga beasiswa dari pemda kabupaten dan kota serta biaya orang tua," kata Gubernur Enembe.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024