Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1707/Merauke menggelar lomba tarik tambang untuk anak-anak di Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Papua.

Dandim 1707/Merauke, Letkol Inf Eka Ganta Chandra selaku Dansatgas TMMD Ke-106 Kodim 1707/Merauke melalui Danki Satgas TMMD Ke-106 Lettu Inf Antonius Kalambia ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu mengatakan pelaksanaan lomba tarik tambang itu usai penyuluhan perikanan dan pertanian kepada warga setempat.

"Disela-sela kesibukan dalam membangun rumah, kami terus aktif memberikan hiburan kepada anak-anak Kogir dan pada kesempatan kali ini kami ajak mereka untuk melakukan lomba tarik tambang," ujarnya.

Keberadaan Satgas TMMD Ke-106 di Kampung Kogir selain melaksanakan pembangunan 20 unit rumah warga juga terus aktif melakukan kegiatan non fisik seperti pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian dan perikanan, mengajar dan nonton bareng serta memberikan hiburan lain kepada warga termasuk anak-anak.

"Meski dengan keterbatasan alat dan tambang yang digunakan adalah rotan, hal tersebut tidak menyurutkan semangat anak-anak kogir untuk mengikuti lomba tarik tambang tersebut," tambahnya.

"Kegiatan lomba tarik tambang seperti ini selain untuk melatih kekompakan dan kebersamaan juga merupakan salah satu bentuk hiburan bagi anak-anak Kampung Kogir," katanya.

Diakhir kegiatan lomba, Satgas TMMD ke-106 Kodim 1707/Merauke membagikan alat tulis berupa buku dan pensil kepada mereka semua yang mengikuti perlombaan.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024