Biak (ANTARA) - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Biak Numfor, Papua akan membangun gedung sekretariat untuk dijadikan tempat pembinaan bagi pembaca tilawah qari qariah serta penghafal Quran untuk sumber daya manusia unggul di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Hasil rapat pengurus LPTQ Biak telah menyetujui untuk membangun gedung sekretariat LPTQ yang nanti akan berfungsi ganda menggerakkan kebutuhan organisasi dan pembinaan santri pembaca Alquran,"ujar Ketua LPTQ Biak Hery Mulyana di Biak, Jumat.

Ia mengakui, gedung sekretariat LPTQ yang akan dibangun di kompleks Masjid An Nuur Ridge distrik Samofa akan dibiayai secara swadaya umat Muslim dan dukungan kaum dermawan di Biak Numfor.

Hery mengatakan, selama ini kepengurusan LPTQ Biak Numfor periode 2015-2020 belum memiliki sekretariat yang permanen dalam melayani kebutuhan lembaga pendidikan Alquran di masjid, mushala dan pengajian majelis taklim di Biak.

"Untuk desain gambar fisik pembangunan sekretariat LPTQ sudah selesai dibuat, ya saat ini tinggal menunggu direalisasikan sarana fisik gedung,"ujar Hery yang keseharian menjabat kepala Badan Penanaman Modal pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemkab Biak Numfor.

Kehadiran fasilitas sekretariat gedung LPTQ menurut Hery, sudah sangat mendesak dibangun sebagai wadah penggerak roda organisasi keagamaan di Kabupaten Biak Numfor.

Berdasarkan data kafilah LPTQ Biak pada tahun 2017 menjadi juara umum Seleksi Tilawatil Quran Papua dan juara umum MTQ Provinsi Papua tahun 2012 serta qori dewasa putra Raudin mewakili Papua di ajang STQ 2019 Pontianak, Kalimantan Barat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024