Biak (ANTARA) - Warga berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor, Papua, perlu mewaspadai munculnya berbagai penyakit dampak dari adanya perubahan pancaroba keadaan cuaca yang dapat terjadi di lingkungan sekitar seperti infeksi saluran pernapasan atas, demam berdarah, diare dan lain sebagainya,.

"Untuk mencegah munculnya penyakit dampak pancaroba perubahan cuaca diperlukan pencegahan dini dilakukan warga dengan cara menjaga lingkungan rumah tinggal, supaya senantiasa tetap bersih dan sehat," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Biak, dr Daisy Ch Urbinas di Biak, Sabtu..

Upaya lain yang juga harus tetap diperhatikan warga ketika adanya pancaroba cuaca, lanjut Daisy Urbinas yakni menimbun kaleng bekas, botol, toples, ember atau wadah yang dapat menjadikan tempat berkembangbiak nyamuk aedes aegypti.

"Kaleng botol ada di sekitar rumah yang tidak terpakai harus dibuang di tempat sampah sehingga mencegah tempat daur hidup nyamuk," sebut Kadinkes Biak Daisy Urbinas. konsumsi.

Ia mengakui, upaya pemerintah daerah untuk mencegah penyakit yang timbuk dampak perubahan cuaca melakukan sosialisasi kepada warga supaya senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Jajaran petugas medis di 21 Puskesmas Biak, menurut Kadinkes Daisy Urbinas telah disiagakan untuk melakukan sosialisasi kepada warga sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Warga Biak Numfor juga diajak untuk memperhatikan asupan makanan bergizi dan vitamin, konsumsi buah-buahan, cukup istirahat dan rutin berolahraga supaya menambah kekebalan tubuh dari penyakit," harap Kadinkes.

Berdasarkan situasi cuaca di Biak sekitarnya pada Sabtu (2/11) sejak pagi hingga sore hari tampak mendung dan hujan gerimis tetapi tidak memengaruhi aktivitas warga setempat kesehariannya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024