Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif Raider 300/BJW menggelar berbagai kegiatan seperti pengobatan massal, turnamen bola voli, dan penyuluhan kesehatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 yang dipusatkan di Pos Kalipay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Minggu.

Dansatgas Yonif Raider 300/BJW Letkol Inf Ary Sutrisno mengatakan dengan semangat Hari Pahlawan, maka digelar kegiatan menyatukan langkah untuk negeri sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat di perbatasan RI-PNG, khususnya di Distrik Waris.

"Kegiatan yang dilaksanakan di antaranya Pengobatan Massal, Turnamen Bola Voli, penyerahan uang tali asih dan penyuluhan kesehatan, yang di didukung oleh Bank BRI dan Rumah Zakat," katanya.

Kegiatan pengobatan massal yang dilakukan Pos Kalipay, Distrik Waris mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari masyarakat.

"Warga datang berbondong-bondong mendatangi pengobatan massal yang diadakan oleh Satgas Yonif Raider 300/BJW secara gratis," katanya.

Selain itu, kata dia, personel Satgas juga mengajak dan mengajari anak-anak generasi muda Papua untuk melakukan gaya hidup sehat, di antaranya dengan mengajari cara menggosok gigi yang baik dan benar.

"Personel Satgas juga memberikan kesempatan untuk anak-anak menggosok gigi sendiri secara serentak bersamaan, untuk menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dari anak-anak di Papua," katanya.

Untuk kegiatan turnamen bola voli berlangsung dengan sangat meriah yang di ikuti oleh warga dari kampung-kampung yang ada di Distrik Waris.

"Turnamen bola volly yang diselenggarakan di lapangan volly Pos Kalipay menjadi suatu sarana menumbuhkan solidaritas dan rasa kebersamaan antara warga Kampung, sehingga terciptanya suatu keharmonisan dari masyarakat antar Kampung di Distrik Waris juga keharmonisan dari masyarakat dengan personel Satgas," katanya.

Sementara untuk kegiatan amal, kata dia, pihaknya memberikan sembako yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di Distrik Waris, dengan harapan kegiatan amal pemberian sembako ini di rasakan langsung oleh warga perbarasan, yang dapat meringankan beban yang kurang mampu.

"Pemberian Sembako kepada masyarakat ini adalah menjadikan sarana menjalin silaturahmi antara masyarakat Distrik Waris dengan personel Satgas.

Dimana semua kegiatan yang kita laksanakan ini didasari dari kepedulian dari Satgas Yonif Raider 300/Bjw kepada masyarakat di daerah perbatasan," katanya.

"Semoga kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat yang berada di wilayah Distrik Waris. Ini juga menjadi sarana untuk memupuk kebersamaan dan rasa solidaritas yang tinggi di kalangan masyarakat, dan juga menumbuhkan generasi muda dan masyarakat papua yang sehat," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024