Jayapura (ANTARA) - Kodim 1710/Mimika melalui program pembinaan teritorial (Binter) terpadu tahun anggaran 2019 memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (wasbang) untuk 150 pelajar SMA Taruna Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa pagi.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto di Kota Jayapura, Selasa malam mengatakan kegiatan wasbang itu digelar di ruang Serba Guna SMA Taruna Timika yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Nawaripi, Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika.

"Menurut Serka  Permanayang ditunjuk sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pemberian materi wawasan kebangsaan harus disesuaikan dengan keadaan usia," katanya.

Dengan begitu, kata dia, wawasan kebangsaan yang disampaikan bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pemberian pembekalan wawasan kebangsaan kepada para pelajar untuk materinya harus disesuaikan dengan kemampuan daya pikir penerima materi. Yang intinya para pelajar harus dibekali tentang penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, dan sopan santun. Selain itu juga bisa dengan giat belajar sebagai bagian dari perjuangan adik-adik siswa-siswi dalam bela negara," katanya,

Ia menambahkan bahwa dengan penyampaian materi kebangsaan, diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan yang nantinya, siswa dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Para pelajar baik SD, SMP dan SMA memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang. Sehingga Kodim Mimika menggelar wasbang tersebut," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024