Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 3.734 pelanggan PDAM terdampak kerusakan pipa di kawasan Entrop, Papua, sesaat setelah terjadinya bencana alam berupa hujan disertai angin kencang yang menyebabkan tumbangnya pepohonan di yang berada di kawasan itu.

"Memang ada kerusakan pipa-pipa akibat tumbangnya pohon di sekitar lokasi hingga menyebabkan ribuan pelanggan tidak bisa dilayani," kata Direktur PDAM Jayapura Entis Sutisna kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Menurut dia,, kerusakan itu sendiri secara bertahap sudah dapat diatasi dengan dilakukannya perbaikan. Perbaikan masih terus dilakukan sehingga kembali dapat memberikan pelayanan air bersih ke para pelanggan.

Namun demikian, lanjutnya, belum dapat dipastikan kapan perbaikan selesai dilakukan.

Entis Sutisna juga menyebutkan bahwa pipa-pipa yang rusak itu berada di pinggiran sungai.

“Terjadi pengikisan tanah disekitar jalur pipa hingga menyebabkan tumbangnya pepohonan yang menyebabkan patahnya pipa-pipa PDAM, ,” kata Entis Sutisna.

Ketika ditanya tentang debit air, Sutisna mengaku karena sudah memasuki musim penghujan maka debit air secara perlahan mulai kembali normal.

"Debit air di beberapa sumber air yang dikelola PDAM Jayapura sudah mulai kembali normal sehingga pelayanan dapat optimal," kata Entis Sutisna.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024