Asmat (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dsiperindagkop) Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, menggelar bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan kepada staf koperasi ASN Pemkab Asmat.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Disperindagkop Asmat Jasmin Basir di aula Badan Kesbangpol Asmat di Agats, beberapa hari lalu.

Materi penyusunan laporan keuangan diberikan oleh staf Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Papua Anice Salu Lolo dan Kepala Bidang Koperasi pada Disperindagkop Asmat Afwan Seknun.

Kepala Disperindagkop Asmat Jasmin Basir mengatakan bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan kepada staf koperasi merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas pengelola koperasi pemerintah daerah setempat.

“Kegiatan ini menambah wawasan staf koperasi dalam mengelola dan memanajemen keuangan koperasi dengan baik,” kata Jasmin.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan tenaga-tenaga profesional dan handal (staf koperasi ASN) yang dapat memahami serta memanajemen perkoperasian dengan baik.

“Setelah ini, kita juga akan memberikan pelatihan kepada para staf koperasi ASN di bidang lainnya, sehingga menjadi tim yang baik saat melaksanakan tugas perkoperasian,” ujarnya.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM pada Disperindagkop Kabupaten Asmat Afwan Seknun mengharapkan kepada para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan tersebut, sehingga pengelolaan keuangan koperasi ASN sesuai mekanisme dan aturan koperasi.

“Salah satu aturan koperasi ialah tertibnya pengelolaan keuangan, dapat menyusun laporan keuangan koperasi sesuai peraturan serta melaksanakan rapat anggota tahunan,” kata Afwan. (*/adv)

Pewarta : Emanuel Riberu
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024