Jayapura (ANTARA) - Untuk mencegah dan menghindari berkembangnya nyamuk anopheles yang menyebabkan malaria, Satgas Yonif 411/PDW melakukan fogging bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Merauke
.
Fogging dilaksanakan di Kampung Sota, Distrik Sota. Kabupaten Merauke, Senin (9/12) yang berada di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Mayor Inf Rizky mengatakan pengasapan atau fogging dilakukan guna memutus mata rantai nyamuk terutama yang menjadi penyebar penyakit malaria yakni nyamuk anopheles terutama dikawasan perbatasan RI-PNG.

Pengasapan dilakukan tim kesehatan Pos Sota dipimpin Letda Ckm Iwan Debri bersama petugas dari KKP Kelas III Merauke dengan Koordinator Wilayah Kerja KKP Sota, Frederikus Lefitar yang melakukan fogging ke rumah warga, kantor, dan tempat-tempat yang diduga menjadi sarang nyamuk.

“Para petugas berkeliling kampung/desa guna melakukan pengasapan sehingga nyamuk tidak dapat berkembang biak,” kata Rizky.

Otnel Mbanggu, warga Sota menyampaikan terima kasihnya kepada anggota TNI-AD dan KKP yang melakukan fogging di kampungnya.

“Terima kasih kepada bapak-bapak karena sudah melakukan fogging dan berharap dapat mencegah penyakit malaria,” harap Mbanggu. Kampung Sota yang berada di perbatasan RI-PNG dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau dua dari Merauke selama sekitar satu-setengah jam.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024