Biak (ANTARA) - Dinas Perhubungan  Kabupaten Biak Numfor, Papua,  bekerja sama dengan PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) menyediakan kapal fery untuk melayani angkutan mudik terkait hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru.

Angkutan tersebut dalam upaya memenuhi kebutuhan warga tujuan Biak-Bromsi pulang pergi.

"Pemkab Biak melalui Dishub sudah menyurati manajemen PT ASDP Biak untuk penambahan kapal angkutan Natal, " ucap Kadis Perhubungan Biak Francisco Olla di Biak, Sabtu.

Menjelang hari raya Natal permintaan layanan angkutan kapal laut di Kabupaten Biak Numfor sangat meningkat mengingat transportasi kapal laut satu-satunya yang dapat menghubungi kebutuhan angkutan warga di wilayah kepulauan.

Saat mendekati hari besar keagamaan Natal dan tahun baru, menurut Fransisco, pemerintah melalui perusahaan pelayaran PT Pelni dan PT ASPD serta operator pelayanan kapal perintis telah menyediakan kebutuhan transportasi angkutan Natal.

"Pelni Biak sudah menyiapkan empat kapal angkutan Natal untuk ke berbagai tujuan ke Papua dan Papua Barat serta ke daerah Sulawesi, Jawa dan Jakarta," ucapnya.

Sedangkan untuk pelabuhan perintis, lanjut Fransisco, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan kapal Sabuk Nusantara untuk tujuan pulau terluar dan terdepan pulau Mapia, Meosbepondi Kabupaten Supioi serta wilayah kawasan Teluk Saereri.

Menyinggung ketersediaan angkutan udara dari bandara Biak, menurut Kadishub Fransisco, untuk saat ini masih normal dilayani penerbangan Garuda Indonesai dan Sriwijaya Air dengan rute Biak-Jayapura, Biak-Makassar dan Jakarta.

Untuk penerbangan perintis Biak-pulau Numfor Susi Air serta Biak-Serui-Jayapura dilayani Trigana Air.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024