Jayapura (ANTARA) - Kepala Staf (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab memimpin upacara peringatan Hari Infanteri, di Lapangan Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (19/12/2019).

Sebelum pelaksanaan upacara, Tim Peleton Beranting (Tonting) Yuddhawastu Pramukha Jaya Kodam XVII/Cenderawasih lebih dulu berjalan dari Halaman Stadion Barnabas Suebu Sentani menuju ke tempat berlangsungnya Upacara Peringatan Hari Infanteri.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan simbol-simbol Infanteri kepada peleton berikutnya, Selanjutnya pleton yudhawastu pramuka dilepas  menuju tempat Upacara di Pasar Pharaa Sentani

Dalam amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif), Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham Waroihan, menyampaikan ucapan selamat Hari Infanteri disertai dengan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus.

Penghargaan itu ditujukan kepada segenap prajurit Korps Infanteri dan keluarganya, atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai, dalam mengharumkan nama baik Korps Infanteri dan mendukung tugas pokok TNI AD.

"Tumbuh dan berkembangnya Infanteri sebagai korps terbesar di Angkatan Darat, tidak pernah terlepas dari sejarah perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Selanjutnya, seiring dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Infanteri tahun 2019 yakni, "Prajurit Infanteri Kuat Bersama Rakyat" diharapkan mampu mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi tangguh, profesional, modern serta dicintai dan mencintai rakyat.

"Saya berharap, tema peringatan tersebut tidak hanya dijadikan slogan belaka, mari kita tanamkan niat dan mantapkan ikhtiar menjadi komitmen bersama, untuk dipahami, dihayati dan diimplementasikan secara cerdas dan bijak, melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten sesuai peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing untuk mendukung tugas pokok TNI-AD," ujarnya.

Usai upacara Peringatan Hari Infanteri, Kodam XVII/Cenderawasih juga menggelar bakti sosial dan pesta rakyat yang diperuntukkan kepada masyarakat Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura.

Turut hadir pada upacara tersebut, para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Danrindam XVII/Cenderawasih, para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, pejabat Pemprov Papua, pejabat Polda Papua, dan masyarakat. (*/adv)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024