Biak (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kantor SAR Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka layanan pengaduan gratis emergency call di nomor bebas pulsa 115 dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi warga di wilayah Timur Indonesia.

"Bagi warga di wllayah kerja SAR Biak meliputi Supiori,Yapen Waropen dan Nabire dipersilakan menghubungi call center 115 dan nomor HP 081247712090," ujar Kepala SAR Biak Numfor Melkianus Kotta ketika dihubungi di Biak, Jumat.

Melkianus mengatakan penyediaan layanan emergency call untuk mempermudah laporan dari masyarakat saat mengalami atau melihat terjadinya kecelakaan musibah ataupun bencana yang membutuhkan pertolongan operasi SAR.

Sedangkan manfaat lain disediakan layanan ini, menurut Melkianus warga langsung mendapat informasi petugas dalam menerima permintaan pertolongan dari masyarakat ketika terjadi musibah atau bencana.

"Setiap petugas SAR siap melakukan pelayanan kepada warga dalam rangka menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru)," ujarnya.

Petugas SAR wilayah kerja Biak dan tiga Pos SAR Serui, Supiori dan Nabire, menurut Melkianus, merupakan garda terdepan saat melakukan operasi pertolongan dan penyelamatan saat menghadapi musibah atau bencana alam di seluruh wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia.

Berdasarkan data kantor SAR Biak, pelaksanaan siaga SAR khusus Nataru mulai 18 Desember hingga Rp8 Januari 2020 disiapkan sebanyak 78 petugas SAR yang tersebar di pos SAR Supiori, pos SAR Serui dan pos SAR Nabire.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024