Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG dari Yonif Raider 509/Kostrad bekerja sama dengan puskesmas menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan bagi pelajar di SDN Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua, Senin pagi.

"Demi terciptanya kesehatan yang baik di lingkungan masyarakat dan anak-anak, kami dari Pos Batom Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509/Kostrad memberikan penyuluhan kesehatan agar berbagai penyakit yang sering terjadi bisa dicegah," kata Komandan Pos Batom Letda Inf Sony Ponco ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Senin sore.

Ponco dan lima orang anggotanya terlibat dalam kegiatan penyuluhan yang digelar bekerja sama dengan Puskesmas Batom di bawah koordinasi dokter Agustina Tokomonawir.

"Penyuluhan kesehatan ini juga sebagai wujud pengabdian dan kepedulian TNI terhadap masyarakat yang berada di lingkungan Perbatasan RI-PNG agar selalu peduli dengan kesehatan," kata Ponco.

"Karena sehat itu mahal, maka dari itu lebih baik kita mencegah dari pada mengobati," ia menambahkan.

Ia berharap kegiatan penyuluhan itu bisa memotivasi para pelajar sekolah dasar untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

"Diharapkan mereka bisa menyalurkan informasi tentang penyuluhan kesehatan ini kepada keluarga serta masyarakat sekitar," kata Ponco.

Kepala SDN Batom Darius Prui mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Yonif Raider 509/Kostrad.

"Kami sebagai guru disini merasa bangga dengan kehadiran bapak TNI dari Satgas Yonif Raider 509/Kostrad, dengan tulus ikhlas memberikan pengetahuan tentang kesehatan bagi siswa-siswi kami," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024