Jayapura (ANTARA) - Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia mengharapkan kepada para anggota bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam menjalankan tugas dan fungsi di desa atau kampung dapat mendampingi dan menjadi konsultan untuk masyarakat dalam tiap kesempatan.

Demikian arahan dalam apel di Mapolres Mimika kepada anggota Bhabinkamtibmas sebagaimana rilis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

"Saya berharap kepada anggota Bhabinkamtibmas agar dapat selalu mendampingi masyarakat dan bisa menjadi konsultan serta dapat mendekatkan diri dengan masyarakat," katanya.

Karena menurut dia, Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Polri karena anggota Bhabinkamtibmas yang pertama mendapat keluhan dari masyarakat, baik itu masalah keluarga atau masalah-masalah yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Wakapolres juga menambahkan bahwa setiap anggota Bhabinkamtibmas wajib mengenal setiap warga binaannya atau minimal tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di wilayah masing-masing.

"Selain itu anggota Bhabinkamtibmas wajib mendatangi apabila warganya mempunyai hajatan baik itu pernikahan atau kegiatan lainnya," katanya.

Kini, kata dia, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata sedang menggiatkan pos keamanan lingkungan (Poskamling) di masing-masing kampung karena itu sangat membantu sekali untuk menjaga situasi keamanan di setiap desa atau kampung.

"Poskamling yang ada di Timika ini berkat ide dari pak Kapolres dan sekarang sudah mewabah. Untuk itu para Bhabinkamtibmas juga wajib mendatangi Poskamling di setiap wilayahnya masing-masing, untuk mengetahui apa keluhan dan permasalahan yang sedang terjadi," katanya.

"Di samping itu juga anggota Bhabinkamtibmas harus memberikan laporan di setiap kegiatan baik itu sambang atau memberikan himbauan Kamtibmas,” katanya lagi.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024