Wamena (ANTARA) - Bupati Tolikara, Provinsi Papua Usman G Wanimbo minta warganya yang  bermukim di sejumlah kabupaten tempat pelaksanaan PON tahun 2020 di Papua untuk menyukseskan agenda olahraga empat tahunan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Usman saat di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan sebelumnya Tolikara hendak dijadikan tempat untuk cabang olah raga paralayang pada PON namun batal dan hal itu tidak mengurangi semangat untuk memberikan dukungan suksesnya PON XX Papua.

"Saya mengimbau masyarakat Tolikara yang ada di Tolikara maupun di luar untuk mendukung pelaksanaan PON, agar dilaksanakan tunggal di tanah Papua, tidak tambah-tambah dilaksanakan di provinsi lain," katanya.

Walau PON hanya dilaksanakan Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika dan Merauke namun pemerintah Tolikara mendukung karena sudah mewakili Papua.

"PON ini penting untuk pertumbuhan ekonomi di Papua sehingga walau masih ada kekurangan yang perlu dibenahi tetapi tetap dilaksanakan," katanya.

Dukungan lain yang disiapkan Pemerintah Tolikara, menurut Bupati Usman Wanimbo,adalah  dengan menyediakan minuman kemasan khas Tolikara untuk peserta PON.

"Kami tidak kecewa PON tidak dilaksanakan di Tolikara. Kami sudah siapkan minuman rasa nenas bertuliskan PON. Itu sejenis vit botol dan sudah mulai disiapkan," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024