Kota Jayapura (ANTARA) - Wakil Bupati Keerom Piter Gusbager meresmikan tempat mandi cuci kakus (MCK) Merah Putih Arso 1 yang dibangun oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST di Kampung Arso 1, Distrik Arso Barat, Papua, Rabu.

Peresmian MCK ini merupakan peresmian kedua yang telah dibangun oleh Satgas Yonif 713/ST selama bertugas di wilayah perbatasan Papua ini.

MCK yang pertama dibangun dan diresmikan di PAUD Syalom di Arso 8 dan yang kedua ini di Kampung Arso.

Pembangunan MCK ini juga sebagai wujud kerjasama antara Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST, Pemkab Keerom dan Bank BRI Unit Sanggaria.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Keerom Bapak Piter Gusbager mengatakan bahwa patut bersyukur karena pada hari ini bisa meresmikan MCK di Kampung Arso 1.

"Yang mana kegiatan pembangunan ini diprakarsai oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST, dan ini merupakan MCK kedua yang dibangun oleh Satgas di daerah Keerom ini,” katanya.

Ia berharap semoga MCK itu dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kampung Arso 1 dan juga masyarakat yang mau mempergunakannya.

“Saya selaku Wakil Bupati berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan merawat apa yang telah kita bangun bersama ini. Untuk itu diperlukan kepedulian dari kita semua untuk menjaga dan merawat fasilitas MCK yang sudah diresmikan ini,” harap Pieter.

Sementara itu, Dansatgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand mengatakan MCK merupakan fasilitas umum yang dapat digunakan keperluan mandi, mencuci, dan buang air, sehingga pembangunan sarana itu adalah terobosan yang dilakukan oleh prajurit TNI untuk menciptakan kebersihan di lingkungan masyarakat.

“Pembangunan MCK ini untuk menciptakan kebersihan di lingkungan masyarakat, baik itu kebersihan diri sendiri atau perorangan maupun kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih maka masyarakat akan merasa nyaman untuk tinggal dan beraktivitas," katanya.

"Satgas bersyukur karena dengan kerja keras dan upaya yang dilakukan selama ini MCK ini bisa dibangun dan diresmikan saat ini oleh Wakil Bupati Keerom Bapak Piter Gusbager," katanya lagi.

Pada kesempatan itu, selain kegiatan peresmian MCK juga dilaksanakan pembagian bingkisan sembako kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan ini.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024