Jayapura (ANTARA) - 160 orang calon siswa (Casis) Bintara Noken Polri tahun 2020 gelombang pertama melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani (Kesjas) yang digelar di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua, Kota Jayapura.

"Tes kesamaptaan jasmani pra Bintara Noken Polri TA 2020 Pabanrim Polresta Jayapura Kota ini dilaksanakan secara terbuka dan transparan yang diawasi langsung oleh pengawas external dari salah seorang jurnalis media online Wartaplus.com," terang Wakapolresta Jayapura Kota, Komisaris Polisi Kompol Heru Hidayanto di Kota Jayapura, Senin.

Menurut dia, pelaksanaan tes Kesamaptaan Jasmani Pra Bintara Noken Polri TA 2020 Pabanrim Polresta Jayapura Kota dilaksanakan secara transparansi dan diawasi.

"Tentunya dalam tes ini, kami laksanakan secara profesional dan diawasi langsung oleh pengawas dari luar agar hasilnya transparan. Salah satu pengawas dari luar yakni Ridwan Cholik dari wartaplus.com,” tambahnya.

Ia pun menjelaskan dalam tahap tes kesamaptaan jasmani para casis dibagi menjadi tiga gelombang, dimana para casis berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Mimika.

“Total casis keseluruhan 345 orang, sementara, hari ini diikuti 160 dari gelombang pertama yang dilaksaknakan pada Sabtu pekan kemarin, sisanya terbagi pada gelombang dua dan tiga yang digelar hari ini dan Selasa besok," jelasnya.

Mantan Kapolsek Jayapura Selatan itu menerangkan dalam tes kesamaptaan jasmani para casis diasah kemampuannya melalui sejumlah uji coba yakni lari 12 menit, pull up, sit up, push up dan shuttle run.

"Hasil tes ini akan diumumkan pada Selasa besok di Mapolresta Jayapura Kota,” katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024