Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Taman-taman di tengah Kota Malang sementara ditutup untuk dilakukan penyemprotan desinfektan sebagai upaya sterilisasi kawasan guna mencegah meluasnya pandemi virus corona (COVID-19).

Sejumlah taman yang menjadi sasaran penyemprotan desinfektan pada Sabtu, di antaranya adalah Taman Slamet, taman-taman di sekitar Jalan Veteran dan Jalan Ijen.

"Jumlah taman aktif di Kota Malang ada tujuh dan kebun bibit empat. Semuanya telah dipasang pengumuman selama masa darurat pandemi COVID-19 disterilkan dari aktivitas publik dan secara bertahap dilakukan penyemprotan desinfektan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Rinawati melalui Kabag Humas Nur Widianto.

Penyemprotan desinfektan merupakan bagian dari langkah mereduksi perluasan penyebaran COVID-19, selain secara terus menerus masyarakat diharapkan untuk sementara waktu lebih banyak beraktivitas di rumah serta secara mandiri meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan diri secara mandiri.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Satgas Kesiapsiagaan COVID-19 Kota Malang Alie Mulyanto mengemukakan langkah penyemprotan desinfektan akan dilakukan secara simultan dan sasaran berikutnya adalah taman taman kota," ucapnya.

Selain disemprot desinfektan, taman-taman tersebut juga dipasang pengumuman untuk sementara waktu ditutup, bahkan dipasang tali rafia keliling, termasuk bangku-bangku taman agar tidak digunakan oleh masyarakat.

Sebelumnya, Tim Satgas Kesiapsiagaan COVID-19 Kota Malang juga melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah kawasan area publik, di antaranya Balai Kota Malang, Stasiun Kota Baru, Gedung DPRD, dan Puskesmas Cemorokandang dan sekitarnya.

Tidak hanya melakukan penyemprotan, Pemkot Malang yang digawangi Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran juga membagikan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) dan masker kepada warga yang melintas di kawasan Jalan Ijen.

Selain Tim Satgas Kesiapsiagaan COVID-19 Kota Malang, tim-tim Satgas di lingkungan kampus di wilayah Malang raya juga aktif melakukan penyemprotan desinfektan, melakukan pengukuran suhu tubuh, dan menyediakan cairan pembersih tangan di titik-titik yang mudah dijangkau.
 

Pewarta : Endang Sukarelawati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024