Jayapura (ANTARA) - Tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Pemerintah Kabupaten Deiyai melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna pencegahan penyebaran virus corona ,

"Penyemprotan ini dilakukan di jalan protokol dan sejumlah fasilitas umum lainnya guna mencegah penyebaran corona," kata Kapolres Deiyai AKBP Bambang Budiatno dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Jayapura, Minggu.

Selain melaksanakan penyemprotan, tim gabungan juga menyampaikan sejumlah imbauan kepada warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, tidak berkumpul dalam jumlah massa yang banyak serta biasakan cuci tangan pakai sabun.

"Kita juga memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan baik itu diri sendiri atau pun di lingkungan tempat tinggalnya dan selalu mengingatkan tentang mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari segala macam penyakit ataupun virus," kata Bambang.

Kadis Kesehatan Kabupaten Deiyai Kornelius Pakage mengatakan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk pencegahan penyebaran virus corona, di antaranya dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah area Kabupaten Deiyai.

"Ada beberapa kegiatan yang akan kita lakukan untuk pencegahan penyebaran virus corona antara lain dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Deiyai, disini ada rumah sakit yang akan dijadikan posko untuk penangan virus corona dan akan dibangun posko antara Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Deiyai," katanya.

"Nantinya juga dibentuk tim doa, yang mana melakukan giat doa agar Kabupaten Deiyai ini bebas dari virus corona. Tim keamanan dari aparat TNI-Polri yang bekerjasama dengan kita untuk menjaga situasi dan sosialisasi tentang virus corona dan beri himbauan keamanan agar masyarakat jangan melakukan kegiatan yang menyebabkan perkumpulan dalam jumlah yang banyak," sambungnya.

Kornelius juga mengatakan akan melakukan kerja sama tim dari empat kabupaten bertetangga di Meepago, Paniai, Deiyai, Dogiyai dan Nabire.

"Kami usulkan agar dibangun Posko Bersama di Kilo 100 untuk mencegah masuknya virus corona dan juga ada kerja sama dengan Bupati Paniai untuk menyiapkan satu unit pesawat guna mengantar pasien ke Rumah Sakit Nabire," kata Kornelius.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Deiyai Marthen Ukago mengatakan bahwa salah satu komitmen dari empat kabupaten terdekat akan melakukan penutupan terbatas.

"Yakni dilakukan di Kilo 100 dengan menutup akses transportasi darat untuk penumpang, sementara untuk akses BBM dan sembako yang diperbolehkan. Penutupan akses ini sudah dimulai sejak Sabtu pekan kemarin pukul 18.00 WIT," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024