Jayapura (ANTARA) - Polresta Jayapura Kota membentuk unit reaksi cepat (URC) penanganan awal wabah virus corona (COVID-19) guna membantu penanganan wabah tersebut.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas di Kota Jayapura, Rabu mengatakan URC itu dibentuk saat apel penyemprotan disinfektan secara masif dan serentak di Lapangan PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, pada Selasa (31/03).

"Pembentukan URC ditandai dengan penyerahan seragam dan alat pelindung diri (APD) kepada perwakilan personel Polresta Jayapura Kota," katanya.

Tim URC Polresta Jayapura Kota dibentuk untuk penanganan awal bila mana dalam penanganan ataupun sosialisasi imbauan terdapat laporan masyarakat yang menemukan adanya indikasi potensi korban yang terpapar virus corona di sebuah lokasi.

"Tim URC ini sudah dipersiapkan dengan perlengkapan untuk penanganan awal dan selanjutnya di tangani yang lebih profesional oleh Tim URC Polda Papua dalam rangka satgas Aman Nusa II Matoa," katanya,

Mantan Kapolres Jayapura itu juga menyampaikan bahwa tim URC yang sudah terbentuk itu didalamnya berisi personel Dokkes Polresta Jayapura dan beberapa personel yang sudah ditunjuk.

"Kami juga telah membentuk beberapa tim untuk melengkapi itu diantaranya memantau dari perkembangan masyarakat yang berbelanja kemudian ketersediaan stok dan sembako serta juga dampak dari COVID-19 dan semua sudah disusun dalam satgas dan sub satgas yang ada," katanya.

"Intinya, tim satgas yang telah dibentuk untuk melengkapi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura sehingga kita lebih sigap lagi di dalam pelaksanaan tugas ke depannya untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Kota Jayapura," katanya. 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024