Saumlaki (ANTARA) - Pemuda Katolik Komisariat cabang (PK Komcab) Kepulauan Tanimbar menunjukkan kepedulian terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan Virus Corona dengan cara membagikan masker dan vitamin C kepada masyarakat di Kota Saumlaki, Sabtu.

Pengurus PK Komcab Kepulauan Tanimbar yang dinahkodai Kornelis Waturu itu ke jalan dan melakukan pembagian di beberapa tempat seperti di pasar Saumlaki dan pasar Omele Sifnana serta di jalan Mathilda Batlayeri.

"Ini adalah gerakan Pemuda Katolik secara Nasional dan kami Pemuda Katolik Komcab Kepulauan Tanimbar juga mengikuti instruksi pengurus pusat," kata Korneles Waturu, Ketua Pemuda Katolik Komcab Kepulauan Tanimbar.

Ia menyatakan, meski aksi itu adalah gerakan nasional, rencana murni lahir dari anggota  Komcab Kepulauan Tanimbar dengan memberikan sumbangan sukarela termasuk dari dua orang pembina yakni dokter Yuliana Ratuanak dan Andreas Werembinan Taborat.

"Dari dana yang terkumpul, kemudian kita membeli masker, vitamin dan brosur dari Ikatan Dokter Indonesia Tanimbar untuk dibagikan secara gratis kepada ratusan warga," ujarnya.

Berbeda dari biasanya, kali ini aksi lebih menyasar pada ibu-ibu yang berjualan di pasar .

"Kami bagikan kepada ibu-ibu yang berjualan di pasar. Selama ini kan dibagikan kepada pengendara di jalan raya. Kali ini kami sasar ke ibu-ibu yang berjualan di pasar yang tidak pernah tersentuh, padahal mereka cukup rawan karena tiap saat kontak langsung dengan begitu banyak pembeli," katanya.

Wakil Ketua  Bidang Kepemudaan Hilarius Rangkore, yang bertindak sebagai koordinator lapangan, mengaku sempat kewalahan saat membagikan masker dan vitamin C, karena begitu banyak masyarakat yang membutuhkan.

"Ada  400 masker untuk  orang dewasa dan 150 masker untuk anak-anak serta 50 dos (400) butir vitamin C, namun tetap banyak yang datang sehingga tak cukup," katanya.

Menurutnya, pemberian masker bagi anak-anak adalah hal yang perlu menjadi perhatian serius, karena usia anak-anak adalah kelompok yang cukup rentan tertular COVID-19.

"Kami berencana akan bagi lagi di Kecamatan Tanimbar Utara dan akan perbanyak masker untuk anak-anak," tambahnya.

Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024