Sentani, Jayapura (ANTARA) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menyerahkan satu unit alat semprot tangan (handsprayer) kepada warga di Distrik Tapai, dan satu unit lagi diserahkan kepada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Distrik Yapsi untuk keperluan penanganan pandemi COVID-19.

Kepala Distan TPH Kabupaten Jayapura, David Zakaria Kondobua di Sentani, Jumat, mengemukakan penyerahan dua unit handsprayer tersebut dilakukan Assisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura bersamaan dengan penyerahan Alokasi Dana Kampung ( ADK) dan pembagian sembako oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura sebagai bekal ketahanan pangan bagi masyarakat di Distrik Yapsi, Unurumguay, Kaureh, dan Gresi Selatan dii kampung Ongan Jaya, Distrik Yapsi.

David mengatakan, dua unit handsprayer ini merupakan bantuan dari Ditjen Prasarana Pertanian kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 ini.

Tim penanganan COVID-19 di Yapsi bisa memanfaatkan alat ini untuk penyemprotan disinfektan, sementara untuk balai penyuluh pertanian dapat digunakan untuk penyemprotan pestisida maupun kepentingan petani yang lain.

Ia menyebutkan, bantuan serupa akan diberikan juga kepada 18 Distrik lainnya di Kabupaten Jayapura.

David berharap alat semprot yang diberikan saat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan warga secara luas, tapi juga pengembangan pertanian di Distrik Yapsi.

Sementara itu, Kepala BPP Yapsi Kanisius Mantul mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dengan bantuan handsprayer karena sangat dibutuhkan para petani dalam mengerjakan lahan pertanian mereka.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024